Rabu, 23 Desember 2015

Menjadi Diri Sendiri

  •  Manfaat Berpikir Positif
Menjadi diri sendiri adalah kunci awal kesuksesaan. Satu hal yang membuat menjadi diri sendiri adalah kemampuan berpikir positif. Dengan berpikiran positif dapat terhindar dari perasaan yang takut gagal dan menjalani segala sesuatu tanpa terbebani oleh seribu pikiran buruk.

  • Cara Berpikir Manusia
  1. positif thinking
cara pandang dan cara pikir manusia dalam menghayati peristiwa - peristiwa keseharian secara positif.
ciri kosa katanya antara lain:
baik, indah, bersih, sejuk,segar, prospektif, maju, berkembang, sukses, cantik, manis, anggun, sehat, ceria, cerah, keren, tampan, kuat, kokoh, dan sebaginya. 
2.  negative thinking
cara pandang dan cara berpikir manusia dalam menghayati peristiwa-peristiwa keseharian secara negative.
ciri kosa katanya antara lain:
buruk, jahat, kotor, sumpek, tidak prospektif, mundur, mandeg,gagal, sinis, kecut, congkak, sakit, ngambek, gelap, ketinggalan jaman, kumuh, lemah dan sebagainya.
warna hidup memang tergantung dari warna kaca mata yang kita pakai. jika kita memakai kaca mata berwarna hijau, segala sesuatu akan tampak hijau. hidup menjadi hijau dan segar. tetapi jika kita memandang kaca mata yang gelap, segala sesuatu akan tampak gelap. kacamata yang berprasangka benci akan menjadikan hidup kita penuh rasa curiga dan dendam.akan tetapi, kacamata damai akan menjadikan hidup kita damai. hidup akan menjadi baik kalau kita memandang dari segi yang baik.

  • Ciri-ciri orang yang berpikir positif

  1.  Menikmati hidupnya. pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati, meski tak berarti ia tak berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik. ia akan lebih sehat jasmani dan ruhani. ia pun memanarkan suasana positif kepada lingkungan sekitar.
  2. Melihat masalah sebagai tantangan. bandingkan dengan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat dan bikin hidupnya jadi paling sengsara sedunia. karena masalah dianggap sebagai tantangan, maka ia akan tertarik untuk menyelesaikan dengan tuntas.
  3. mensyukuri apa yang dimilikinya, dan bukannya berkeluh-kesah tentang apa-apa yang tidak dipunyainya. karena rasa syukur ini, hidupnya akan bahagia.
  4. mengenyah pikiran negatif segera setelah pikiran itu terlintas di benak. memelihara pikiran negatif bisa menimbulkan masalah seperti pikiran kalut, suntuk, cemburu dengan orang lain, menuntut kepada pemerintah, kebencian, bosan dan hati sedih.
  5. peduli pada citra diri. orang yang berpikir positif cenderung akan berpakaian dengan sopan, menata rambut dan tampak bersih.
  6. menggunakan bahasa tubuh yang positif. diantaranya yaitu wajah yang ramah, senyum, berjalan dengan langkah tegap dan gerakan tangan yang ekspresif.
  7. menggunakan bahasa positif. kalimat - kalimat yang bernadakan optimisme seperti "masalah itu pasti akan terselesaikan".
  8. pikiran terbuka untuk menerima saran dan ide. karena dengan begitu, boleh jadi ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu lebih baik.
  9. tidak mendengarkan gosip yang tak menentu.sudah pasti gosip berkawan baik dengan pikiran negatif. ia memilih membicarakan ide-ide, gagasan-gagasan, fakta dan cita-cita kedepan.
  10. tidak bikin alasan, tapi langsung bikin tindakan. apabila dia melakukan kesalahan, maka dia tidak berusaha mencari pembenaran atas kesalahannya tersebut, tetapi langsung meminta maaf dan melakukan perbaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar